Jasa Pembasmi Tikus

Mudah, aman, tuntas dan bergaransi

CEGAH TIKUS BERKEMBANG BIAK DI RUMAH ANDA SEKARANG JUGA

Tikus berkembang biak dengan sangat cepat karena tidak ada waktu jeda reproduksi seperti halnya hewan mamalia lain. Di usia 1,5 bulan dengan siklus berkembang biak yang sangat cepat (hanya dalam waktu 21 hari), tikus dapat melahirkan 8 ekor anak. Dengan kondisi seperti ini, jangan berikan kesempatan pada tikus untuk berkembang biak di rumah dan lingkungan Anda.

Sama halnya seperti hama lain, keberadaan tikus disebabkan olh tiga faktor utama, yaitu:

Sumber makanan: sisa-sisa makanan, sampah, dan makanan yang tidak tersimpan rapi dan tertutup rapat menjadi sasaran empuk tikus.

Sumber air: genangan air, buangan AC, keran yang bocor, sampai dengan tumpahan minuman bisa menjadi media yang menarik tikus.

Tumpukan barang: penataan barang-barang yang menumpuk tidak rapi, gudang yang tidak tertata dan tidak terawat, serta tumpukan ban dan perabotan bekas akan menjadi lokasi yang nyaman sebagai sarang tikus.

Selain dikenal sebagai hewan yang sulit dibasmi dan menyebabkan banyak kerusakan, tikus juga diketahui membawa sejumlah penyakit melalui kotoran, bulu dan liurnya. Penanganan tikus secara mandiri, walaupun dimungkinkan, tetap memiliki sejumlah resiko. Melalui gigitannya, tikus memiliki kemampuan untuk mentransfer sejumlah bakteri dan virus.

Solusi Pengendalian Tikus

Umumnya pengendalian tikus mencakup dua hal, yaitu menurunkan jumlah tikus di area tertentu, dan menjaga agar tikus tidak kembali ke area tersebut.

Survey dan Pemeriksaan

Survey dilakukan untuk mengetahui lokasi keberadaan atau sarang tikus sehingga tindakan selanjutnya dapat dilakukan lebih optimal. Beberapa tanda-tanda yang menunjukkan keberadaan tikus adalah kotoran, suara yang biasanya terdengar di malam hari, jejak kaki tikus, dan bau.

Pengendalian Secara Kimiawi

Pembasmian tikus dengan bahan kimia dilakukan melalui penggunaan umpan atau racun anticoagullant (anti pembekuan darah). Akan terjadi dehidrasi hebat pada tikus yang memakan umpan racun anticoagullant, sehingga tikus tersebut akan mendekati saluran air ketika proses kematiannya terjadi. Umpan akan ditempatkan di tempat khusus yang tertutup disertai penomoran dan stiker penanda. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pemetaan dan pengontrolan posisi umpan.

Pengendalian Secara Non Kimiawi

Pengendalian populasi tikus juga dapat dilakukan dengan metode penjebakan yang tidak menggunakan bahan kimia. Alat penjebak ditempatkan di area di mana tikus berpotensi beraktivitas. Pengendalian tikus dengan cara non kimiawi cocok dilakukan di tempat-tempat seperti gedung atau area dalam hunian.

Scroll to Top