Jasa Pengendalian Nyamuk

Mudah, aman, tuntas dan bergaransi

JANGAN SEPELEKAN NYAMUK. BERANTAS MEREKA. LINDUNGI KELUARGA ANDA.

Di negara tropis seperti Indonesia, nyamuk bukanlah serangga yang jarang ditemui. Di daerah dengan suhu hangat dan lembab, nyamuk berkembang biak dengan sangat pesat. Dengan siklus hidup yang singkat, dalam waktu 10-14 hari, nyamuk akan mencapai tahap dewasa dan siap untuk bertelur lagi.

Berbagai spesies nyamuk ditemui di Indonesia. Genus yang sering kita dengar adalah nyamuk anopheles, penyebab penyakit malaria, nyamuk culex atau dikenal juga dengan nyamuk rumah atau kebon yang bisa menyebarkan penyakit kaki gajah, dan aedes aegypti yang menyebarkan penyakit demam berdarah, chikungunya, dan zika.

Nyamuk telah menjadi endemi nasional di Indonesia. Salah satu nyamuk yang berbahaya, aedes aegypti, menempatkan telurnya di tampungan air bersih seperti vas bunga, kolam renang, bahkan penampung air kulkas. Nyamuk jenis ini akan lebih aktif berkembang biak saat musim hujan tiba.

Jika nyamuk aedes aegypti dikenal lebih banyak aktif di pagi menjelang siang hari, nyamuk jenis culex lebih banyak menyerang di sore hingga pagi hari. Nyamuk culex menempatkan telurnya di habitat yang kotor atau rawa. Oleh karena itu, salah satu cara efektif mencegah nyamuk di lingkungan kita adalah menjaga kebersihan.

Pengendalian Nyamuk

Metamorfosis nyamuk dari telur hingga dewasa berlangsung kurang lebih selama empat belas hari. Pengendalian nyamuk dalam masa arva atau jentik adalah salah satu yang terpenting untuk dilakukan, karena pengendalian yang dilakukan di tahap ini selain lebih efisien dari sisi biaya, secara ekologis juga lebih baik daripada pengendalian nyamuk yang dilakukan secara sporadis menggunakan bahan kimia. Tereliminasinya jentik akan membuat siklus perkembangbiakan nyamuk berkurang hingga tiga kali lipat.

Pengendalian nyamuk di tahap dewasa adalah melalui treatment fogging atau pengasapan. Pengendalian ini dilakukan umumnya di area luar rumah atau bangunan. Pengendalian nyamuk yang dilakukan di dalam area rumah atau gedung adalah melalui metode cold fogging atau pengembunan. Dengan pertimbangan kesehatan dan resiko aplikasi dalam pemanfaatan larutan yang digunakan, sangat penting untuk membedakan aplikasi fogging dan cold fogging dalam memberantas nyamuk di dalam maupun di luar rumah.

Scroll to Top